sambak.desa.id – Dalam menggunakan sosial media harus bijaksana, tidak boleh sembarangan mengunggah foto apalagi ujaran yang mengandung kebencian. Terlebih akhir-akhir ini sedang marak aksi Bullying di dunia maya. Demikian dikatakan oleh Yoga Agung Wardhani, ST. M.Eng Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Magelang, di Balai Desa Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang,  kamis (29/11).

Beliau juga berpesan agar orang tua lebih berhati-hati dalam menjaga putra-putrinya di era internet seperti sekarang. “Orang tua juga harus hati-hati di era serba online seperti sekarang. Karena anak-anak itu rasa penasarannya lebih tinggi. Jangan sampai anak-anak kita mengakses sesuatu yang belum saatnya di internet dan orang tua tidak tau.” Katanya.

Tak hanya itu, dalam sosial media banyak sekali opini-opini yang berasal dari sumber yang tidak jelas. Dan opini tersebut cenderung provokatif. Hendaknya pengguna sosial media jangan mudah terpancing dengan berita-berita “hoax” yang sumbernya belum jelas.

“Jangan mudah terpancing dengan berita-berita hoax yang sumbernya tidak jelas. Saring sebelum Sharing. Artinya disaring terlebih dahulu sebelum kemudian dibagikan lagi kepada orang lain” Tambahnya.

Senada dengan hal tersebut, Purwono Hendradi, M.Kom dari Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) menyampaikan hal serupa. Beliau mengatakan, jangan mudah memberi Informasi yang lengkap di dunia maya. Karena itu sangat berbahaya.

“Jangan gampang memberi informasi lengkap di dunia maya. Itu sangat berbahaya. Tanggal lahir, Ibu Kandung dan nomor rekening yang dimiliki itu kata kunci untuk melihat keseluruhan identitas anda. Jangan sembarangan mengunggah di internet. Manfaatkan Medsos, jangan kita dimanfaatkan Medsos”. Pungkasnya.

Acara Sosialisasi ber-Sosial Media yang Bijak yang digelar Diskominfo Kabupaten Magelang tersebut bekerjasama dengan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Sambak. Diikuti puluhan peserta warga masyarakat Desa Sambak. Dalam sambutannya, Kepala Desa Sambak, Dahlan menyampaikan apresiasi digelarnya acara ini.

“Saya sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya acara seperti ini. Karena sangat penting mengingat arus informasi yang sangat cepat di Internet. Jika salah dalam menggunakan, bisa-bisa terjerat Undang-Undang ITE. Makanya harus hati-hati” Ujarnya.

(***)

(Telah dibaca 28 kali, dibaca 1 kali hari ini)