sambak.desa.id – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sambak kecamatan kajoran kabupaten Magelang mulai menggarap sektor pariwisata. Sesuai dengan potensi yang ada, wisata akan difokuskan pada wisata alam dan wisata pendidikan.

“Kami akan menggarap wisata berbasis alam dan pedesaan. Sekarang banyak orang-orang kota yang dulunya tinggal di desa kangen kembali ke alam,  kangen kembali ke suasana desa. Tren pariwisata saat ini adalah menjual keunikan dan kekhasan suatu daerah ditambah hal-hal yang berbau petualangan itu yang akan kita fokuskan ke depan.” Ujar Pengelola BUMdes sambak Amron Muhzawawi.

Sebelum BUMDes berdiri, sebenarnya sudah banyak sekali yang datang ke desa sambak. Anak-anak SD yang melakukan outing class berkunjung ke pabrik tahu, pabrik ceriping ketela dan pabrik batagor kuah instan. Mereka melihat proses produksi dari bahan baku sampai siap dikonsumsi. Setelah itu biasanya melakukan outbound di alam. Bahkan untuk kegiatan outbound dari beberapa instansi juga sudah sering ke desa sambak.

“Dari Bapelkes salaman itu rutin mengadakan outbound di sini, bahkan dari solo dan Yogyakarta juga pernah outbound di sini” Kata Makpul, warga setempat. (kim)

(Telah dibaca 161 kali, dibaca 1 kali hari ini)