sambak.desa.id – Bupati Magelang, Zaenal Arifin canangkan Gerakan Indonesia Membaca dan Satu Desa Satu Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Kampung Literasi Omah Ngisor Desa Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang, rabu (19/07/2017). Bupati Magelang sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan di Desa sambak.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten magelang  memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya  kepada  mas Antok dan masyarakat Desa sambak sehingga ditunjuk menjadi penyelenggara kampung literasi 2017. Kegiatan Literasi ini adalah bagian dari upaya mencerdaskan bangsa.” Katanya.

Bupati juga menyampaikan komitmen dari pemerintah Kabupaten Magelang yang memprioritaskan pendidikan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Kami berharap, Gerakan Indonesia Membaca Tahun 2017 bisa menjadi salah satu pilar pendukung suksesnya pembangunan pendidikan di Kabupaten Magelang,”  Kata Zaenal dalam sambutannya.

Beliau  juga menjelaskan tentang pentingnya peran para pemangku kepentingan untuk bersama-sama berkomitmen dalam  memajukan dunia pendidikan.

“Dibutuhkan komitmen bersama para stake holder, disamping itu juga dibutuhkan pegiat-pegiat literasi yang ada di desa-desa. Untuk itu marilah kita bersama-sama rapatkan barisan  agar kedepan lahir generasi emas, generasi yang baik, generasi yang akan meneruskan kepemimpinan kita semua” Pungkasnya.

Pencanangan Gerakan Indonesia Membaca di Kampung Literasi Omah Ngisor tersebut dihadiri oleh berbagai  instansi dan  lembaga. Diantaranya adalah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Kepala Desa se-kecamatan kajoran, kepala sekolah, Forum TBM dan lain-lain.

Sebelum pulang, Bupati Magelang menyempatkan diri mengunjungi pojok-pojok baca dan pengrajin di sekitar lokasi. Pertama, mengunjungi pojok baca di salah satu rumah pengrajin bambu. Setelah itu dilanjutkan ke pabrik Batagor Kuah Instan. Terakhir di TBM Omah Ngisor.

Muhamad Aprianto, selaku pengelola TBM Omah Ngisor berharap ada banyak lagi TBM-TBM  yang berkembang di desa-desa di kabupaten magelang.

“Harapan kami adalah kedepan TBM-TBM seperti Omah Ngisor ini bisa berkembang dan bertambah banyak. Tentunya butuh dukungan berbagai pihak. Tidak hanya masyarakat tapi juga pemerintah, swasta dan lain-lain.” Terangnya.

(Telah dibaca 90 kali, dibaca 1 kali hari ini)