Bupati Magelang Zaenal Arifin meresmikan Pasar Temon Pinggir Sawah di Dusun Sedhan Desa Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang, Minggu (15/9).

Pasar Temon Pinggir Sawah adalah pasar yang diselenggarakan BUMDes Kartadesa dan Pemerintah Desa Sambak yang rencananya akan digelar setiap selapan hari sekali. Acara ini melibatkan semua lembaga-lembaga yang ada di Sambak.

Dalam acara grand opening Pasar Temon Pinggir Sawah ini para pedagang menyuguhkan berbagai macam makanan dan minuman khas buatan warga Sambak. Tidak hanya kuliner, ada juga stand jasa seperti potong rambut, foto dengan aneka reptil dan ada pula stand unik yaitu stand jasa melupakan mantan.

Pukul 8 pagi pasar sudah ramai dengan pengunjung. Sebelum masuk ke area pasar, pengunjung diwajibkan menukarkan uang rupiah ke bentuk uang benggol yang nantinya akan digunakan untuk melakukan transaksi. 1 benggol senilai dengan 2 ribu rupiah.

Pukul 9 acara peresmian pembukaan Pasar Temon Pinggir Sawah dimulai. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh semua yang hadir. Selanjutnya Kepala Desa Sambak, Dahlan menyampaikan sambutan.

“Desa Sambak mempunyai banyak potensi yang dapat memajukan warganya, pasar ini adalah salah satunya. Semoga pasar ini dapat mengangkat perekonomian warga” kata Dahlan dalam sambutannya.

Bupati Magelang Zaenal Arifin mengaku sangat antusias saat diundang menghadiri acara ini.

“Bapak Kepala Desa mengundang saya untuk meresmikan pasar baru ini, saya sangat antusias untuk datang ke Sambak. Sudah banyak torehan prestasi Desa Sambak yang semakin membuat saya antusias untuk menghadiri undangan ini” Ujar Bupati Magelang Zaenal Arifin.

“Saya sangat apresiasi untuk Desa Sambak. Pasar tradisional ini merupakan solusi untuk menguatkan silaturahmi sekaligus memajukan perkonomian warga” Lanjut Zaenal.

Pasar Temon Pinggir Sawah resmi dibuka secara simbolis oleh Zaenal Arifin denan membunyikan kentongan.

Acara grand opening ini juga disuguhkan pertunjukan kesenian brodut (kubro dangdut) Manunggal Roso Sejati dari Dusun Jarakan Desa Sambak yang membuat acara semakin ramai.

Setelah acara peresmian selesai Zaenal Arifin juga menyempatkan untuk mengunjungi stand warga yang sedang berjualan.

(Telah dibaca 159 kali, dibaca 1 kali hari ini)