sambak.desa.id – Upacara pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap I tahun 2019 diselenggarakan di lapangan SD Negeri Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (26/02).

Dalam sambutan Gubernur Jateng yang dibacakan Bupati Magelang sebagai inspektur upacara, menyampaikan TMMD merupakan bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong-royongan mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan.

“Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta Pemerintah Pusat dan Daerah melalui TMMD seperti inilah menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai permasalahan

masyarakat,” ungkap Bupati.

Data BPS Per-Bulan September 2018, mencatat jumlah penduduk miskin Jawa Tengah sebesar 3,87 juta orang, dan mayoritas berada di pedesaan, yakni sebanyak 2,15 juta orang. Untuk itulah, Pemerintah terus memfokuskan program penanggulangan kemiskinan di pedesaan dengan prinsip keroyokan melalui pendekatan holistik-integratif-tematik dan spasial.

TMMD kali ini mengangkat tema “Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional”.

Menurut Bupati, apabila dikaitkan dengan kondisi kebangsaan saat ini, tema tersebut sangatlah tepat. Sejarah telah mengajarkan bahwa semangat kebersamaan, kegotong-royongan serta persatuan dan kesatuan merupakan senjata ampuh bangsa Indonesia dalam menghadapi segala permasalahan dan tantangan.

“Ini harus senantiasa kita rawat dan jaga bersama. Jangan sampai kapital sosial berharga ini luntur dan sirna tergerus oleh berbagai perbedaan yang ada. Berbeda itu biasa karena berbeda memang kodrat Sang Pencipta. Dan berbeda itu indah,” lanjutnya.

Sasaran TMMD fisik berupa pembangunan jembatan di Dusun Sambak Kajoran, sepanjang 4 meter dan lebar 4,5 meter. Dengan waktu pengerjaan 26 Februari sampai 27 Maret 2019.

Sedangkan program TMMD non fisik berupa penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan, penyuluhan perilaku hidup sehat, penyuluhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), penyuluhan KDRT, Kamtibmas dan bahaya narkoba.

Pembukaan TMMD turut dihadiri Wakil Bupati Edi Cahyana, SE, Wakapolres Kompol Eko Mardiyanto, Kasdim 0705/Mgl May Inf Suratman, Danyon Armed 3 Letkol Arm Irwansah, Kajari Eko Hening, para Kepala SKPD, Forkopimcam dan UPT Kecamatan Kajoran, Tokoh masyarakat serta Tokoh agama.

Sumber: beritamagelang.id

(Telah dibaca 99 kali, dibaca 1 kali hari ini)