sambak.desa.id – Desa sambak Kecamatan Kajoran mendapat juara ke-3 dalam lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Rumah Tangga  tingkat kabupaten Magelang.  Trophy dan piagam penghargaan diserahkan oleh kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang kepada kepala Desa Sambak di Gedung Olah Raga (GOR) Gemilang selasa (14/11).

Kepala Desa Sambak, Dahlan mengatakan tidak menyangka Desa Sambak mendapat juara 3. Kendati demikian dia mengatakan senang.

“Terus terang, kami tidak menyangka. Tapi kami senang, mudah-mudahan bisa memotivasi warga agar selalu berperilaku Hidup Bersih dan Sehat”. Ujarnya.

Juara 1 diraih oleh Desa Jebengsari Kecamatan Salaman, juara 2 Desa Banyuroto kecamatan sawangan. Kemudian Jura harapan 1 Desa Kebonlegi Kecamatan Kaliangkrik, sedangkan juara harapan 2 Desa Bondowoso kecamatan Mertoyudan.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah sekumpulan perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran pada diri individu di dalam keluarga maupun di masyarakat, yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di lingkungannya.

PHBS itu ragamnya sangat banyak. Misalnya mengenai gizi : makan beraneka ragam makanan, minum tablet tambah darah, mengonsumsi garam beryodium, memberi bayi dan balita kapsul vitamin A. Tentang kesehatan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan.

(Telah dibaca 34 kali, dibaca 1 kali hari ini)