Jpegsambak.desa.id – Desa sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang tahun 2016 ini mendapat dana kurang lebih 1,1 Milyar Rupiah. Hal tersebut disampaikan oleh Totok Dwi Setyo dari kecamatan kajoran dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (musrenbangdes) tahun 2016 kamis (21/01/2016). Bertempat di aula SD Negeri sambak kecamatan kajoran kabupaten Magelang.

Dijelaskannya bahwa anggaran yang turun di desa sambak berasal dari berbagai sumber. Sumber tersebut terdiri dari pengembalian pendapatan pajak sebesar  Rp. 14.741.000, bagi hasil pendapatan retribusi daerah Rp. 2.600.000, Dana Desa (DD) bersumber dari APBN Rp. 602.140.000, Anggaran Dana Desa (ADD) dari APBD II Rp. 294.310.000 dan Bantuan Gubernur Rp. 200.000.000.

“Totalnya kurang lebih sekitar 1,1 Milyar Rupiah.” Katanya

Totok juga menjelaskan bahwa musrenbang  tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini dipantau langsung oleh provinsi melalui website.

“Musrenbangdes tahun ini berbeda dengan tahun kemarin, tahun ini dipantau langsung oleh provinsi melalui website”. Tambahnya.

Musrenbangdes yang di pimpin oleh tim dari LPMD tersebut di ikuti oleh berbagai unsur yang ada di desa sambak. Antara lain, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Badan Permusyawaratan Desa (BPD), PKK, LPP, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Kadus, Ketua RW, perangkat Desa, tokoh masyarakat dan lain-lain. Dalam kesempatan tersebut tim memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada dusun dan lembaga yang ada agar mengusulkan program lengkap dengan rencana anggaran biaya.

Sebelum di laksanakannya Musrenbang ditingkat desa, masing-masing dusun dan lembaga telah melaksanakan musyawarah du dusun dan lembaga masing-masing. (kim-sam)

(Telah dibaca 281 kali, dibaca 1 kali hari ini)