sambak.desa.id – [http://video.sindonews.com/play/12797/internet-hidupkan-desa-sambak-magelang] Jaringan Internet di Desa Sambak yang digagas oleh pegiat Radio Komunitas Suara Kampung Pintar (SKPFM) Sudah terealisasi. Sehingga warga bisa menikmati akses internet dengan mudah dan murah. Mudah dan murah karena tidak perlu jauh-jauh pergi ke warung internet (wanet) yang paling dekat dengan Desa Sambak adalah 3,5 kilometer bahkan lebih.

IMG_3701Dengan konsep Wi-Fi (Wireless Fidelity) atau jaringan tanpa kabel RT/RW Net ini masyarakat bisa menikmati akses internet dari rumah masing-masing. Sejak di operasikan mulai Selasa (04/09/2012) lalu dan sudah di uji koneksi di beberapa titik di Desa Sambak ternyata hasilnya lumayan bagus. Mengingat letak geografis yang banyak pepohonan dan topografi tanah yang cenderung tidak rata. Dalam radius 50-300 meter menggunakan Laptop/Netbook masih bisa diterima dengan baik.

“Setelah di lakukan uji koneksi dalam radius 50-300 meter dari tiang pemancar Radio SKP FM sudah bisa diterima meskipun tidak semua tempat dengan jarak yang sama menerima sinyal dengan baik. Hal ini dikarenakan letak dan banyaknya penghalang seperti pohon dan lain-lain.” Ujar As’ad Toha, salah satu Pengurus sekaligus penyiar di Radio SKP FM.

Pemerintah Desa Sambak juga mendukung adanya Internet masuk Desa ini. Karena Internet sudah menjadi kebutuhan di era sekarang ini. Hampir semua bidang pasti membutuhkan Internet untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Tidak hanya pelajar dan mahasiswa saja, namun termasuk Pemerintah desa, petani, pedagang juga membutuhkan akses internet ini.

Menurut Dahlan, Kepala Desa Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang ketika di temui di kantor Desa Rabu(05/09/2012) mengatakan, “Hampir semua bidang saat ini membutuhkan Internet, karena memang segala informasi yang dibutuhkan akan di dapatkan secara lebih mudah. Termasuk informasi-informasi terkait dengan pembangunan. “

“Kami mewakili pemerintah Desa sangat mengapresiasi dan mendukung adanya Internet Masuk Desa ini. Namun tentunya juga harus di barengi dengan filter dan sosialisasi tentang Internet Sehat agar warga menggunakan internet secara bijak. ” Pungkasnya.

Pembangunan jaringan internet ini merupakan swadaya yang di motori oleh pegiat Radio Komunitas bekerjasama dengan SMP Muhammadiyah Sambak. Proses pendiriannya dilakukan secara beratahap dan tak sedikit hambatan dan rintangan yang dilalui. (skpfm)

(Telah dibaca 238 kali, dibaca 1 kali hari ini)