Study Banding KIMsambak.desa.id – Pengurus Kelompok Informasi Masyakat (KIM) se-Kabupaten Magelang melakukan Study Banding ke KIM Kraton Kidul kota Pekalongan kamis (18/02/2016). Rombongan dipimpin oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Magelang Drs. Djanu Trepsilo, MM beserta jajarannya. Study Banding yang diikuti sekitar 25 ketua KIM se-Kabupaten Magelang tersebut bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang pengelolaan KIM. Disamping itu juga agar tahu tentang fungsi dan kegiatan apa saja yang dilakukan oleh KIM yang ada di kota pekalongan.

Dalam kesempatan tersebut rombongan dari kabupaten Magelang di sambut oleh Kepala Diskominfo Kota Pekalongan dan Pengurus KIM Kota Pekalongan. Ketua KIM Kraton Kidul Kota Pekalongan Zaenal Muhibin mengatakan, Kerja KIM itu sebenarnya sederhana. Tinggal memanfaatkan potensi dan sumber Informasi yang ada kemudian diolah dan disampaikan kepada masyarakat.

“Kerja KIM itu sebenarnya sederhana. Tinggal manfaatkan potensi dan sumber informasi yang ada, lalu diolah kemudian disampaikan kepada masyarakat menggunakan bahasa-bahasa yang mudah dipahami” Kata Muhibin yang juga koordinator KIM se-kota Pekalongan.

Sumber informasi sangat banyak, bisa dari Koran, Internet, dinas-dinas terkait, pemerintah daerah dan lain-lain. Tugas KIM adalah memberikan Informasi kepada masyarakat tentang segala sesuatu yang dibutuhkan. Setelah itu masyarakat dan pemangku kepentingan diajak untuk diskusi dan mencari solusinya.

Ketika ditanya bagaimana kalau pemangku kepentingan setempat dalam hal ini Pemerintah Desa atau Kelurahan yang belum atau tidak mendukung kegiatan KIM. Tidak apa-apa, KIM tidak perlu dikenal yang lebih penting adalah Informasi-informasi yang disampaikan oleh KIM bermanfaat untuk masyarakat.

“Tidak masalah jika Pemdes/Kelurahan belum mendukung, mungkin karena belum paham saja. KIM itu ngga perlu dikenal, yang terpenting aktifitas KIM bermanfaat untuk masyarakat. Wong kita yang sudah dapat penghargaan Nasional saja kadang masih dicuekin kok sama kelurahan.” Selorohnya. (***)

2

Seorang ibu di pekalongan sedang melakukan tahapan membatik

3

Dari kiri: Bp. Zanuar Efendi (Diskominfo Kab. Magelang), Kepala Diskominfo Kota Pekalongan, Bp. Zaenal Muhibin (Koordinator KIM kota pekalongan) dan Bp. Djanu Trepsilo (Kepala Diskominfo Kab. Magelang)

4

Kepala Diskominfo Kab. Magelang sedang diwawancarai reporter Batik TV pekalongan

 

(Telah dibaca 352 kali, dibaca 1 kali hari ini)