sambak.desa.id – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang memberikan akses Internet gratis untuk warga. Hal tersebut disampaikan oleh Muhammad Ainur Rofiq, Pengurus KIM Desa Sambak senin (23/4/2018). Internet gratis ini salah satu bentuk program Literasi Teknologi Informasi di Desa Sambak.

“Ya benar, sudah setahun ini internet yang dikelola oleh KIM kami gratiskan untuk warga masyarakat yang membutuhkan. Namun demikian pemakaiannya kita batasi, agar bisa merata” Katanya.

Ia juga menambahkan bahwa Internet sebenarnya tetap berbayar, tapi bukan warga yang membayar. Kebetulan ada dukungan dari Penyedia Jasa Internet melalui Corporate Social Responsibility (CSR). Disamping itu ada penyedia jasa Internet lain yang juga memberikan kompensasi berupa free bandwidth 1 Mbps. Meski tidak terlalu besar, namun cukup untuk sekedar browsing dan kebutuhan internet lain yang tidak terlalu tinggi.

“Kami dibantu sama CSR, maka kami juga bantu warga semampunya. Harapannya adalah agar warga yang memang betul-betul membutuhkan namun kesulitan mengakses internet bisa terbantu. Warga sambak tinggal mencari sinyal wi-fi Sambak-Online, jika dapat biasanya diminta untuk memasukkan user id dan password. Hubungi saja nomor HP yang tersedia di halaman login nanti pasti akan diberi userid dan passwordnya secara cuma-cuma”. Tambahnya.

Seperti diketahui, beberapa pemuda yang tergabung dalam Kelompok Informasi Masyarakat Desa Sambak sejak tahun 2012 merintis berdirinya jaringan Internet secara swadaya dan mandiri. Swadaya, karena memang dari patungan para pengelolalnya dan mandiri karena memang tidak ada bantuan dari pemerintah. Baru sekitar tahun 2016 ada dukungan dari pemerintah Desa melalui Dana Desa.

“Meskipun gratis, koneksinya juga tidak jelek-jelek amat lah cukup untuk kebtutuhan dasar berinternet. Jika ingin yang lebih cepat, bandwidthnya besar ada pilihan paket lain yang dikelola oleh teman-teman punduhan.net dan lain-lain yang ada di sambak”.(***)

(Telah dibaca 49 kali, dibaca 1 kali hari ini)