sambak.desa.id – Pengurus Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Sambak Kecamatan Kajoran berkesempatan “nimbrung”di Kopi Darat (Kopdar) ke-2 Relawan TIK Magelang, jum’at (22/09). Bertempat di rumah salah satu pengurus RTIK Magelang di Kalinegoro Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang.

Seperti dikutip dari Fan Page Facebook Relawan TIK Magelang, kopi darat RTIK Magelang kali ini selain untuk kumpul rutin bulanan juga diadakan nonton bareng film “Gerobak Daring” yang berisi tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Go online yang menjadi program kerja Relawan TIK Magelang tahun 2017 ini.

Terkait dengan UMKM Go Online ini, RTIK Magelang melakukan pendampingan bagi pelaku UMKM untuk membuat laman bisnisnya di dunia maya menggunakan website. Tak hanya itu, pelaku UMKM juga diberikan fasilitas domain dan hosting gratis selama setahun melalui program “Satu Juta Domain” dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Selain itu, program kerja lainnya adalah pendampingan bagi Desa di Magelang terkait Sistem Informasi Desa (SID) yang dikembangkan oleh Combine Resource Institution (CRI). SID ini diharapkan dapat membantu desa mengoptimalkan pelayanan di tingkat Desa.

“RTIK Magelang kedepan akan bekerjasama dan berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten maupun Kota Magelang. Tak menutup kemungkinan dengan pihak-pihak lain yang terkait”. Ujar  Arif Wahyu Nugroho, Ketua RTIK Magelang.

Dalam kopdar tersebut Muhammad Ari Sulestyo dari KIM Desa Sambak menceritakan awal mula terbentuknya KIM dan beberapa kegiatan yang sudah dilakukan. Diantaranya adalah mengelola website sambak.desa.id, bulletin, pemanfaatan sosial media untuk promosi potensi desa dan kegiatan yang terkait dengan literasi.

“KIM Desa Sambak sekitar tahun 2013 di resmikan oleh Diskominfo Kabupaten Magelang, namun kegiatan-kegiatan terakit dengan pengelolaan Informasi sudah dirintis sejak lama. Seperti mengelola Radio komunitas, bulletin, lalu website”.  Katanya.

Dari diskusi yang dilakukan, beberapa agenda RTIK Magelang dengan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ternyata banyak kesamaan. Karena sejatinya KIM merupakan Relawan TIK di tingkat Desa yang sama-sama dibawah binaan dari Diskominfo.

Tahun ini, Relawan TIK Magelang juga membuka pendaftaran bagi siapa saja yang mempunyai komitmen dan sukarela mencurahkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk kemajuan TIK bagi masyarakat. (***)

(Telah dibaca 47 kali, dibaca 1 kali hari ini)