sambak.desa.id – Forum Pemuda Desa Sambak kecamatan kajoran kabupaten Magelang mengadakan diskusi tentang bisnis dan kewirausahaan rabu (14/06) di balai desa sambak. Acara tersebut diisi oleh Amron Muhzawawi, pengusaha muda pemilik Sutelo Rich Taste. Amron menjelaskan tentang bagaimana memulai usaha dan memilih produk yang layak jual. Tak hanya itu, dia juga menerangkan bahwa modal utama dalam usaha tidak melulu masalah uang.

“Berbicara tentang usaha, orang pasti akan langsung mengkonotasikan dengan modal berupa uang. Sebenarnya anggapan itu keliru. Modal uang memang penting, tapi itu bukan satu-satunya. Kalau menurut saya modal uang itu nomor sekian. Apalagi di era internet seperti sekarang ini”.

“Salah satu penyakit bagi pemula itu adalah takut. Takut memulai, takut produknya tidak laku, takut di cibir dan lain sebagainya. Itu penyakit. Kalau kita sudah dikungkung perasaan seperti itu, bisa dipastikan tidak pernah akan maju.” Ujar direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kartadesa sambak dan juga pemilik Batagor Kuah Instan eatsleep ini.

Dia juga menjelaskan potensi dan peluang apa saja yang dimiliki di sekitar desa sambak.

“Di sambak ini kan potensinya luar biasa banyak, dari potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Maka dari itu mulailah berpikir kreatif. Carilah referensi sebanyak-banyaknya. Mumpung masih punya kesempatan, pelajari hal yang ingin ditekuni lalu praktikkan.” Imbuhnya.

Tak hanya itu, dia juga memberi motivasi kepada pemuda bahwa yang terpenting adalah mau membuka pikiran. Jangan merasa cepat puas dan banyak-banyaklah belajar dari orang-orang yang sudah memulai terlebih dahulu.

“Kuncinya adalah buka pikiran kita selebar-lebarnya, mau belajar dari orang lain.” Pungkasnya.

Diskusi yang dihadiri puluhan pemuda tersebut berlangsung hangat dan peserta yang datang sangat antusias dengan apa yang disampaikan. Peserta sepakat, akan mengadakan kegiatan serupa secara ruitn dan berkelanjutan. (kim)

(Telah dibaca 104 kali, dibaca 1 kali hari ini)