IMG_6346sambak.desa.id – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia di Desa Sambak kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang berlangsung meriah pada sabtu (29/08). Ratusan  warga tumpah ruah ke jalan untuk menyaksikan pawai karnaval yang diikuti sepuluh Rukun Warga (RW) di Desa Sambak. Seperti halnya tahun kemarin, beragam kreasi ditampailkan dalam karnaval karena memang dilombakan. Namun berbeda dengan tahun kemarin, tahun ini lebih meriah.

“Tahun ini lebih meriah dibanding tahun kemarin, terbukti lapangan SD Negeri sambak penuh sesak karena antusiasme  warga dimasing-masing dusun tinggi”. Ujar Sarjiyo Ketua Panitia.

Dipusatkan di halaman SD Negeri sambak, sebelum karnaval dimulai terlebih dahulu diawali dengan upacara bendera  dan pengumuman-pengumuman lomba. Setelah karnaval selesai dilanjutkan pentas seni di sekitar halaman SD Negeri sambak dan SMP Muhammadiyah Sambak. Kesenian yang tampil antara lain Rasekso Aryo Kencono dari dusun punduhan, Krido warno budoyo dari dusun sambak II dan kesenian dari Dusun Jarakan timur.

Ada lagi satu kesenian topeng ireng dari Desa Krumpakan  juga ikut memeriahkan rangkaian peringatan HUT RI tersebut. Topeng Ireng yang diundang oleh warga dusun jarakan barat tersebut bertempat di wilayah RT 13 Jarakan Barat.

Rangkaian acara dalam rangka peringatan HUT RI di desa sambak sudah dilaksanakan sejak seminggu sebelumnya. Dimulai dengan acara mancing bersama di Bendungan sileri, lomba mewarnai, lomba balap karung, lomba karambol, lomba estafet pancasila dan lain-lain. (***)

IMG_6219IMG_6628IMG_6463

(Telah dibaca 396 kali, dibaca 1 kali hari ini)