sambak.desa.id – Puluhan pemuda dan anak-anak di Desa Sambak kecamatan kajoran kabupaten magelang lakukan Aksi Jogo Kali kamis 29/12/2016. Aksi yang dilakukan tersebut merupakan bentuk keprihatinan terhadap kondisi sungai yang semakin tercemar. Para pemuda prihatin ternyata masih banyak warga masyarakat yang kurang peduli dengan lingkungannya. Dari membuang sampah disungai, limbah pabrik, sampai meracuni dan menyetrum ikan untuk kemudian dikonsumsi.

“Hal ini jelas sangat merusak lingkungan dan habitat ikan yang ada. Makanya kami melakukan aksi ini untuk mengajak dan menggugah kesadaran masyarakat agar tidak mencemari lingkungan.” Ujar Lukman Sofiyanto Koordinator acara tersebut.

Aksi Jogo Kali tebar benih ikanAksi yang dimulai sekitar pukul 09.00 wib tersebut diawali dengan menyusuri sungai dan membersihkan sampah yang ada. Kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon di bantaran sungai. Yang terakhir adalah penebaran 10.000 bibit ikan secara simbolik di sungai.

“Harapan kami adalah agar sungai kembali bersih, ikan-ikan juga banyak. Para pemangku kepentingan juga harusnya membuat perangkat aturan untuk mendukung kegiatan tersebut. Karena selama ini terkesan ada pembiaran.” Pungkasnya.

Aksi Jogo Kali rencananya akan diadakan secara rutin setiap tahun dengan melibatkan lebih banyak pihak. Disamping itu, para pegiat aksi juga akan terus mendorong pemerintah Desa agar bisa mendukung melalui kebijakan-kebijakan yang dibuat. (***)3-3

4

(Telah dibaca 204 kali, dibaca 1 kali hari ini)