Embung atau Bendungan di Desa Sambak Kecamatan Kajoran sebelum direhabilitasi.

Embung atau Bendungan di Desa Sambak Kecamatan Kajoran sebelum direhabilitasi.

sambak.desa.id – Rehabilitasi embung atau bendungan di dusun sedan Desa Sambak kecamatan kajoran sudah mulai dilaksanakan. Hal ini ditegaskan oleh dinas terkait dalam sosialisasi awal pelaksanaan pekerjaan rehabilitasi embung Desa Sambak selasa (01/09/2015). Dalam penjelasannya kepala Dinas Pekerjaan Umum, Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Magelang Ir. Sutarno, MM mengatakan bahwa tujuan dilakukannya rehab embung tersebut adalah untuk Sumber air baku, sumber air primer atau irigasi, sebagai resapan atau penampungan air dan kedepannya sebagai wahana wisata.

“Untuk Sumber air baku, sumber air primer atau irigasi, sebagai resapan atau penampungan air dan kedepannya sebagai wahana wisata.” Ujarnya.

Disamping itu bertujuan untuk menampung air hujan pada musim hujan untuk dimanfaatkan pada musim kemarau, terwujudnya konservasi Sumber Daya Alam, serta pemberdayaan masyarakat sekitar.

Pekerjaan rehabilitasi embung yang menghabiskan dana sekitar 3,3 Milyar rupiah yang bersumber dari dana Bantuan Gubernur  sekitar 3 Milyar dan 300 juta dari pemerintah kabupaten Magelang tersebut ditargetkan selesai pada Desember mendatang. Tepatnya adalah dari tanggal 24 Agustus 2015 sampai dengan 21 Desember 2015.

Tahapan pekerjaan dari proses lelang sudah selesai dilakukan dan akan dikerjakan oleh PT Dita Jati Pratama sebagai pelaksana dan PT Adiguna Mitra Terpercaya sebagai konsultan. Berdasarkan pengamatan dilapangan, embung sudah mulai di kosongkan airnya mulai rabu (02/09/2015). Dalam pelaksanaannya dijelaskan bahwa warga setempat juga bisa terlibat menjadi pekerja.

Dalam sosialisasi tersebut hadir juga dinas-dinas terkait antara lain Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian, Wakil Kepala Polisi Sektor Kajoran, Koramil, Pemerintah Desa dan perwakilan masyarakat. (***)

(Telah dibaca 320 kali, dibaca 1 kali hari ini)