IMG_5620sambak.desa.id – Desa Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang telah resmi miliki website Desa. Hal ini di tegaskan oleh Kepala Desa Sambak, Dahlan dalam pembukaan Pelatihan Pengelolaan Website dan Sistem Informasi Desa pada sabtu (02/05).

Website Desa ini nantinya akan di manfaatkan untuk sosialisasi tentang proses pembangunan, baik dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sebagai wujud transparansi serta keterbukaan Informasi Publik di Desa sambak. Selain itu, agar potensi dan produk lokal desa Sambak bisa lebih terangkat kekhalayak luas. “Akan dimanfaatkan untuk sosialisasi pembangunan yang ada di desa sambak, juga agar potensi desa bisa lebih terangkat dan diketahui khalayak luas. Karena banyak sekali potensi yang ada di desa namun belum dikelola secara maksimal.” Ujarnya.

Senada dengan hal tersebut Achmad Yusuf salah seorang Perangkat Desa mengatakan bahwa website Desa ini akan sangat bermanfaat, apalagi nanti jika ditambah dengan aplikasi sistem Informasi Desa akan sangat membantu Pemerintah Desa kaitannya dengan administrasi dan pelayanan kepada masyarakat.

“Tentu sangat membantu, karena akan semakin banyak yang mengetahui potensi yang ada di desa sambak. Kami juga akan lebih mudah memetakan potensi yang ada. Terlebih jika ditambah dengan aplikasi Sistem Informasi Desa tentunya mempermudah pelayanan kepada warga.” Katanya disela-sela pelatihan.

Sebenarnya impian untuk mempunyai website ini sudah cukup lama, namun baru sekitar pertengahan bulan April lalu mulai terwujud mengingat banyak hal yang harus dipersiapkan. Kemudian  dengan dibantu oleh beberapa pemuda setempat terkait dengan hal teknis, akhirnya dapat terealisasi. Hal ini juga tak lepas dari bantuan Gedhe Foundation sebagai lembaga pendamping.

Tak ingin maju dan bergerak sendirian, Desa sambak kemudian berinisiatif mengajak desa-desa sekitar untuk sama-sama belajar memanfaatkan website Desa dan Sistem Informasi Desa agar dapat diterapkan di Desa masing-masing. Akhirnya diadakanlah Pelatihan Pengelolaan website Desa dan penerapan Sistem Informasi Desa sabtu lalu di Aula SD Negeri Sambak dengan swadaya.

(ar)

(Telah dibaca 94 kali, dibaca 1 kali hari ini)