1sambak.desa.id – Sampah menumpuk di selokan menyebabkan air meluap hingga ke jalan yang menghubungkan antara dusun jarakan barat dan jarakan timur senin sore (07/03). Sampah tersebut karena warga membuang sampah di saluran air. Meski tak menimbulkan kerugian materiil yang berarti, namun jika dibiarkan tidak menutup kemungkinan akan lebih besar luapan airnya. Mengingat intensitas hujan masih cukup sering.

Bagus Irwanto, salah seorang warga menuturkan sudah lama khawatir dengan hal ini karena dulu pernah terjadi air meluap kejalan, bahkan sempat membanjiri tanaman padi yang belum siap panen.

“Sudah lama saya khawatir dengan saluran air yang berada di dusun jarakan barat ini. Karena sudah sering meluap kemana-mana. Ditambah tumpukan sampah akibat warga yang membuang sampah sembarangan.”Ujarnya.

Berdasarkan pantauan kontributor sambak.desa.id, sampah memang menumpuk yang mengakibatkan saluran air tidak lancar. Sehingga warga sekitar gotong royong berupaya mengangkat sampah tersebut. Tak hanya sampah dari batang pepohonan sisa makan ternak, namun juga sampah baju bekas, bohlam lampu dan sampah plastik.

Dalam kesempatan terpisah beberapa waktu lalu, ketua Rukun Warga (RW) 05 dusun jarakan barat, Rachmad juga mengungkapkan kekhawatiran serupa. Setiap ada musyawarah di tingkat desa juga sudah sering diusulkan agar segera ada solusi. Tak hanya masalah sampah saja, namun juga terkait dengan pengaturan saluran air antisipasi musim hujan.

“Mudah-mudahan segera ada solusi, agar tidak berlarut-larut.” Kata dia.

(Telah dibaca 208 kali, dibaca 1 kali hari ini)