Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan sosialisasi tentang perawatan dan pemeliharaan ipal digester limbah tahu kepada kelompok biogas Lestari di Dusun Sindon Desa Sambak, kamis (26/9). Hal ini terkait dengan bantuan ipal (instalasi pengolahan air limbah) untuk desa Sambak tahun 2019. Diharapkan nantinya warga dapat melakukan perawatan dan pemeliharaan dengan baik.

“Selain untuk pengendalian pencemaran air, warga juga dapat memanfaatkan biogas untuk keperluan rumah tangga. Harapan kami warga dapat melakukan perawatan dan pemeliharaan dengan baik karena ini merupakan tanggung jawab bersama supaya bisa berfungsi dengan baik dan bertahan lama” Ujar tim Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Acara ini dihadiri oleh kepala desa Sambak, pemilik pabrik tahu, pengurus dan anggota kelompok biogas Lestari.

Dalam sambutannya kepala desa Sambak menyampaikan terimakasih dan menghimbau kepada warga agar mencermati sosialisasi tersebut agar tahu apa saja yang harus dilakukan dalam perawatan.

“Terimakasih kepada Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang telah memberikan bantuan untuk pembangunan ipal digester di dusun Sindon. Diharapkan warga nantinya dapat melakukan perawatan dengan benar supaya ipal dapat berfungsi dengan baik” kata Kepala desa.

Dilanjutkan tim pelaksana pembuatan ipal memaparkan hal-hal terkait perawatan dan pemeliharaan ipal. Tim pelaksana menghimbau agar tidak boleh ada limbah lain selain air limbah tahu yang masuk ke digester karena akan mempengaruhi hasil biogas.

“Perawatan dan pemeliharaan ipal sebenarnya simpel, tapi kita harus rajin. Kita harus membersihkan saluran secara berkala. Dan ipal hanya untuk air limbah tahu tidak untuk yang lainnya seperti limbah padat, minyak, air sabun dan lainnya karena dapat mempengaruhi hasil biogas” Ujar tim pelaksana.

“Kami mohon pemilik pabrik untuk bisa memberitahu kepada pekerjanya agar tidak sembarangan membuang benda lain selain air limbah tahu ke dalam saluran” Lanjutnya.

Diakhir acara dilakukan serah terima dengan penandatangan oleh ketua kelompok biogas Lestari.

(Telah dibaca 28 kali, dibaca 1 kali hari ini)