Sumber : BERITAMAGELANG.ID

BERITAMAGELANG.ID – Kelompok Informasi Masyarakat diharapkan bisa mewujudkan jejaring diseminasi informasi, dan menjadi wahana untuk mengatasi terjadinya simpul-simpul sumbatan informasi kebijakan Pemerintah, aspirasi masyarakat, serta menjalankan fungsi humas masyarakat.

“Diharapkan sesuai fungsinya KIM juga menjadi sarana peningkatan literasi masyarakat di bidang informasi dan media massa serta teknologi informasi dan komunikasi di kalangan anggota KIM dan masyarakat,” demikian disampaikan Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik pada Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Yoga Agung Wardhani saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Jurnalistik dan Fotografi bagi Kelompok Informasi Masyarakat di Ruang Bina Karya Setda Kabupaten Magelang, Senin (5/8).

Melalui Bimtek ini, lanjut Yoga, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota KIM dalam mengolah dan menyebarkan informasi dengan berpedoman pada etika jurnalistik.

“Sehingga informasi yang disebarkan kepada masyarakat benar-benar akurat dan dapat dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang Bagyo Harsono sebagai narasumber dalam Bimtek tersebut menjelaskan, menulis adalah pekerjaan mudah dan menyenangkan. Namun, bagi sebagian orang, menulis bisa jadi hal yang sulit dan membosankan.

“Untuk bisa jadi penulis, maka mulailah dengan menjadi pembaca yang baik. Baca tulisan siapa saja dan tentang apa saja yang menarik. Kalau perlu, tiru gaya penulisannya,” kata Bagyo.

Sementara Fotografer Antara Foto, Anis Efizudin sebagai narasumber berikutnya menambahkan, untuk mengambil foto yang baik ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni pencahayaan, objek foto harus menarik, juga harus mendekat dengan objek yang dipotret.

“Selain itu usahakan juga agar objeknya diam, latih tangan memegang handphone dengan stabil, saat memotret tahan sedikit sampai kamera selesai menyimpan foto. Yang tidak kalah penting, Angle is Everything (sudut pandang pengambilan foto),” tandasnya.

 

Sumber : http://beritamagelang.id/kelompok-informasi-masyarakat-diharap-tingkatkan-literasi-publik

(Telah dibaca 7 kali, dibaca 1 kali hari ini)